Rotating X-Steel Pointer

Saturday, 22 November 2014

HAKIKAT PANCASILA SEBAGAI PANDANGAN HIDUP BANGSA & NEGARA

ARTI DAN MANFAAT PANDANGAN HIDUP

Arti
Pandangan hidup suatu bangsa adalah suatu kristalisasi dari nilai-nilai yang dimiliki oleh bangsa itu sendiri yang diyakini kebenarannya dan menimbulkan tekad pada bangsa itu untuk mewujudkannya.

Manfaat
Dengan pandangan hidup suatu bangsa akan memandang persoalan - persoalan yang dihadapinya dan menentukan arah serta cara bagaimana bangsa itu memecahkan persoalan-persoalan.

Dengan pandangan hidup yang jelas suatu bangsa akan memiliki pegangan dan pedoman bagaimana ia memecahkan masalah-masalah politik, ekonomi, sosial dan budaya yang timbul dalam gerak masyarakat yang semakin maju. Dengan berpedoman pada pegangan hidup itu pula bangsa akan membangun diri.

KONSEP BANGSA

Bangsa
Rakyat yang telah mempunyai kesatuan tekad untuk membangun masa depan bersama dengan mendiriken sebuah Negara yang mengurus terwujudnya aspirasi kepentingan bersama secara adil.


Kesadaran Kebangsaan
Sebelum berdirinya suatu bangsa, terlebih dahulu harus tumbuh dan berkembang tekad yang kuat untuk membangun masa depan bersama.

Catatan: Faham Kebangsaan yang sempit melahirken "Fasisme/Nazilisme"

ARTI DASAR NEGARA 
  • PANCASILA merupakan Dasar Negara artinya Pancasila sebagai Sumber kaidah hukum konstitusional yang mengatur Negara Republik Indonesia beserta seluruh unsur-unsurnya yaitu rakyat, wilayah, dan pemerintahan.
  • Pancasila sebagai dasar negara juga dapat disebut sebagai Idiologi Negara.
  • Sebagai dasar negara, pancasila meliputi suasana kebatinan atau cita-cita hukum yang menguasai hukum dasar tertulis yang berwujud UUD maupun merupakan hukum dasar yang tidak tertulis yang tumbuh dalam praktek penyelenggaraan negara.
 <19:19>